Profil Madrasah


Kondisi Satuan Pendidikan  
          Tuntutan perkembangan dan kompetisi pendidikan berlangsung hampir tiada batas. Madrasah yang tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tumbang terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu MTs Al Fatah Putri perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus kurikulumnya dengan memperhatikan sumberdaya yang dimiliki baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya lainnya. Sebagai data pendukung berikut data jumlah siswa per jenjang kelas di MTs Al Fatah Putri Temboro dalam 3 tahun terakhir;
No
Tahun Ajaran
Jumlah Rombel
Jumlah Siswa
Kenaikan
Jumlah
%
1
2013/2014
27
832


2
2014/2015
27
925
93
11,2
3
2015/2016
31
1012
87
9,4





  Peluang dan Tantangan di Masyarakat dan Lingkungan Sekitar
    MTs Al Fatah Putri berupaya keras mempersiapkan diri secara mantap dengan membuat Rencana Kerja Madrasah untuk menghadapi masa yang akan datang dan mengembangkan kurikulum madrasah yang memiliki karakteristik atau penekanan fokus pada upaya memenuhi kebutuhan peserta didik dan tuntutan masyarakat. Pada tahun 2015 tim pengembangan kurikulum MTs Al Fatah Putri telah menyusun dan mengembangkan kurikulumnya sendiri dengan mengacu pada;
1.    Permen Diknas No. 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum pedoman penyusunan dan pengelolaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan berpedoman pada panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan yang dikeluarkan oleh BSNP serta,
2.    Pedoman Penyusunan dari implementasi KTSP yang dikeluarkan oleh Kanwil Kemenag Jawa Timur.
    Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di MTs Al Fatah Putri dinyatakan tercapai apabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik agar dapat diterima untuk :
1.    Memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global,
2.    Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global dan,
3.    Melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dan/atau mengembangkan keterampilan untuk hidup mandiri.
    Untuk menjamin keberhasilan implementasi kurikulum madrasah ini dibutuhkan berbagai persyaratan antara lain :
1.    Dukungan semua pemangku kepentingan pendidikan,
2.    Sosialisasi, pelatihan, diskusi dan lokakarya RIPM,
3.    Pemenuhan dokumen yang diperlukan untuk penyusunan RIPM,
4.    Pengembangan sumberdaya manusia secara berkelanjutan,
5.    Koordinasi dan pengelolaan yang profesional,
6.    Perluasan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, seperti Perguruan Tinggi, LSM, Instansi pemerintah maupun swasta dan lain-lain,
7.    Semua pihak perlu memahami RIPM, memiliki komitmen untuk berkembang dan maju secara bersama-sama serta mampu dan mau melaksanakannya dengan baik.

PROFIL  MTs  AL FATAH PUTRI
Yayasan Pendidikan Al Fatah Temboro Karas Magetan sebagai organisasi masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah dan sosial merasa terpanggil dalam ikut serta menangani masalah pendidikan di Indonesia tercinta ini sebagai sumbangsih terhadap masyarakat, bangsa dan negara dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa seperti termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alenia ke-4. Demikian juga amanah yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistim Pendidikan Nasional, Bab II pasal 3 berbunyi: “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan berbentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang Demokrasi serta tanggung jawab”.
a.    Standar Isi
Sebagai bagian dari MTs Al Fatah, dokumen Kurikulum madrasah kami sudah disusun dan disahkan sejak tahun 2009. Kurikulum dikembangkan menggunakan panduan BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Kurikulum menunjukkan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. Kurikulum juga mencakup program kegiatan pengembangan diri, baik melalui bimbingan konseling maupun ekstrakurikuler.
b. Standar  Proses
Para pendidik di madrasah kami telah menyusun perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, Silabus dan RPP. Demikian pula sebagian pendidik telah melaksanakan metode pembelajaran yang variatif (PAKEM dan CTL), menggunakan berbagai sumber dan media pembelajaran, bahkan sebagian besar guru sudah dapat menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT.
c.  Standar Kompetensi Lulusan
Para peserta didik di madrasah kami dapat mencapai target akademis, baik dari pencapaian KKM setiap pelajaran maupun dari Ujian Nasional. Madrasah kami juga menawarkan berbagai program pengembangan diri untuk mengembangkan kepribadian, ketrampilan hidup dan nilai-nilai agama  dan budaya peserta didik. Madrasah akan menfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik dengan menambah program ekstrakurikuler. Disamping untuk meningkatkan hasil prestasi akademis, madrasah akan menambah jam pembelajaran di luar jam madrasah.
d.   Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Para pendidik di madrasah kami dari jumlahnya memenuhi standar nasional, Demikian juga Tenaga kependidikan jumlahnya sesuai standar pelayanan minimal,
e.   Standar  Sarana dan Prasarana
              Kondisi madrasah saat ini sarana prasarana pembelajaran cukup memadai dengan ruang belajar yang kondusif serta nyaman, walaupun belum mencapai standar nasional, khususnya ruang kelas, ruang guru, ruang laboratorium dan ruang perpustakaan yang masih perlu penambahan dan/atau perluasan.           
f.   Standar Pengelolaan
     Madrasah kami memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas, yang telah diimplementasikan dalam Dokumen Kurikulum. Semua dokumen dapat diakses oleh seluruh warga madrasah dan masyarakat.
g.   Standar Pembiayaan
     Madrasah kami dalam pengelolaan keuangan merujuk pada ketentuan yang berlaku, mulai dari perencanaan (RAPBM), pembukuan dan pelaporan.
h.   Standar Penilaian
     Madrasah kami merencanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik serta menginformasikan kepada pesertadidik. Madrasah kami juga melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian, walaupun belum optimal.

D.   TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Pendidikan adalah hajat bersama sekaligus tanggung jawab yang besar bagi semua pihak. Maka mengupayakan wujudnya lembaga pendidikan yang mampu menjadi sarana tarbiyah bagi generasi muda, sehingga mampu membekalinya dengan keimanan yang kukuh, penguasaan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan serta berakhlak yang mulia, adalah tanggung jawab kita bersama.
Untuk itu satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Temboro merasa turut bertanggung jawab berperan dalam rangka megupayakan lembaga pendidikan dasar yang tidak hanya mengedepankan aspek kognitif semata, tapi juga pembinaaan kecakapan hidup dan akhlak yang mulia sesuai dengan perintah Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW.
   Mengacu kepada PP no. 19 tahun 2005 tentang Standart nasional Pendidikan pada Bab V, maka Secara umum tujuan pendidikan dasar yang diselenggarkan oleh MTs Al-Fatah Temboro adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

VISI DAN MISI MTS AL FATAH TEMBORO
1.    Visi
Untuk mewujudkan suatu  tujuan tentu ada suatu sudut pandang atau visi agar tujuan tersebut dapat menemui sasaran. Visi MTs Al Fatah Putri adalah :
”Menuju Generasi Islam yang ’Alim, Berjiwa Da’i, Berakhlak Mulia dan Taqwa”
  
 Indikator
1.    Unggul dalam pembinaan keagamaan Islam
2.    Unggul dalam peningkatan prestasi akademik
3.    Unggul dalam peningkatan prestasi UN
4.    Unggul dalam peningkatan prestasi nonakademik
5.    Unggul dalam proses pembelajaran
6.    Unggul dalam pembentukan sifat ahli dakwah
7.    Unggul dalam pembinaaan ahli ilmu
8.    Unggul dalam pembentukan ahli dzikir
9.    Unggul dalam pembinaan ahli ibadah
10. Unggul dalam pembentukan akhlakul karimah
3.  Misi
Misi MTs Al Fatah Putri adalah sebagai berikut :
1.  Mendidik siswa  yang bertaqwa berlandaskan tauhid dengan ilmu amaliyah serta amal ilmiah.
2.  Menyelenggarakan pembelajaran setiap mapel dengan efektif dan efisien.
3.  Menyelenggarakan pembelajaran MIPA dan bahasa yang efektif dan efisien.
4.  Meningkatkan lingkungan madrasah yang sehat, aman dan kondusif untuk berprestasi belajar.
5.  Melaksanakan pembelajaran efektif untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa yang berbasis karakter dan IT.
6.  Menyelenggarakan pembelajaran serta pembiasaan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Indonesia yang efektif dan menyenangkan yang berorientasi pada terbentuknya peserta didik yang berjiwa da’i.
7.  Mendidik peserta didik menjadi ahli ilmu dan mampu mengamalkan ilmunya.
8.  Mendorong peserta didik memiliki sifat memuliakan dan mengagungkan perintah Alloh dan Sunnah Rasulullah.
9.  Membina peserta didik untuk memiliki akhlak yang mulia , berperilaku jujur, cakap, cerdas dan ikhlas dalam setiap amal.
4. TUJUAN MTs AL FATAH PUTRI
1.  Membangun wujudnya Madrasah Efektif, yang mampu melahirkan lulusan yang memiliki Input, Output , outcome maupun Benefit yang unggul.
2.  Membekali semua peserta didik ilmu-ilmu dalam bidang keagamaan yang mampu dijadikan dasar-dasar beramal dalam kehidupan.
3.  Semua peserta didik mampu menguasai dan menggunakan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya meningkatkan keimanan dan amal shaleh.
4.  Menyelenggarakan proses belajar mengajar bernuansa sunnah, guna menumbuhkan jiwa da’i dan rasa tanggung jawab agama pada semua peserta didik.
5.  Mampu melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa yang berbasis karakter dan IT
6.  Membekali semua peserta didik kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan baik dan benar.
7.  Membiasakan semua peserta didik sholat berjamaah dengan khusuk, tertib, dan belajar menghidupkan sunnah Rasulullah
8.  Menciptakan suasana belajar yang mendorong peserta didik memiliki sifat tawadu’, istiqomah, sabar dan ikhlas.
9.  mewujudkan peserta didik yang memiliki sifat memuliakan dan mengagungkan perintah Allah dan Sunnah Rasulullah.
10.                       Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang mampu menghasilkan lulusan yang berprestasi secara akademik maupun dalam perilaku dan akhlak yang mulia.



EVALUASI DAN PENETAPAN SASARAN KEGIATAN STRATEGIS
b.    Standar Isi
      Sebagai bagian dari MTs Al Fatah, dokumen Kurikulum sudah disusun dan disahkan sejak tahun 2009. Kurikulum dikembangkan menggunakan panduan BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
      Kurikulum menunjukkan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. Kurikulum juga mencakup program kegiatan pengembangan diri, baik melalui bimbingan konseling maupun ekstra kurikuler. Namun di MTs Al Fatah Putri Temboro kurikulum masih perlu dikembangkan. Oleh karena itu, di tahun mendatang madrasah akan menfasilitasi pembentukan Tim Pengembang Kurikulum serta mereviu Kurikulum setiap satu tahun sekali.
c.    Standar Proses
    Para pendidik di MTs Al Fatah Putri Temboro telah menyusun perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, Silabus dan RPP. Demikian pula sebagian pendidik telah melaksanakan metode pembelajaran yang variatif (PAKEM dan CTL), menggunakan berbagai sumber dan media pembelajaran, bahkan sebagian besar  guru sudah dapat menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT. Namun demikian tidak semua guru  dalam penyusunan RPP mempertimbangkan kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.
    Dalam proses pembelajaran metode ceramah masih mendominasi. Demikian ini disamping karena kualitas SDM pendidik yang masih perlu ditingkatkan juga keterbatasan sarana pembelajaran MTs Al Fatah Temboro. Oleh kaena itu madrasah akan menfasilitasi peningkatan kualitas SDM para pendidik melalui diklat, workshop dan lain-lain.
                                 
d.   Standar Kompetensi Lulusan
    Para peserta didik di MTs Al Fatah Putri Temboro dapat mencapai target akademis, baik dari pencapaian KKM setiap pelajaran maupun dari Ujian Nasional. Namun kemajuan/ peningkatan prestasi belajar peserta didik MTs Al Fatah Putri Temboro belum secara konsisten. MTs Al Fatah Putri Temboro juga menawarkan berbagai program pengembangan diri untuk mengembangkan kepribadian, ketrampilan hidup dan nilai-nilai agama dan budaya peserta didik. Namun belum seluruh bakat dan minat peserta didik dapat tertampung, karena keterbatasan program ekstra kurikuler.
    Oleh karena itu, MTs Al Fatah Putri Temboro akan menfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik dengan menambah program ekstra kurikuler. Disamping itu untuk meningkatkan hasil prestasi akademis, madrasah akan menambah jam pembelajaran di luar jam madrasah.

e.    Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  Para pendidik di MTs Al Fatah Putri Temboro dari jumlahnya memenuhi standar nasional, namun dari segi kualifikasi dan kompetensinya masih pada level standar pelayanan minimal. Adapun Tenaga kependidikan jumlahnya sesuai standar pelayanan minimal, namun kualifikasi dan kompetensinya masih belum memenuhi SPM. Oleh karena itu perlu penambahan tenaga kependidikan disamping juga perlu peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik.
f.   Standar Sarana dan Prasarana
              Kondisi madrasah saat ini sarana prasarana pembelajaran cukup memadai dengan ruang belajar yang kondusif serta nyaman, walaupun belum mencapai standar nasional, khususnya ruang kelas, ruang guru, ruang laboratorium dan ruang perpustakaan yang masih perlu penambahan dan/atau perluasan.
  Alat dan sumber belajar MTs Al Fatah Putri Temboro juga belum memenuhi standar nasional, khususnya buku pengayaan dan sumber lain. Oleh karena itu madrasah akan menfasilitasi penambahan sarana prasarana secara bertahap.
                              
g.  Standar Pengelolaan  
         MTs Al Fatah Putri Temboro memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas, yang telah diimplementasikan baik dalam RKM maupun RKAM. RKM dan RKAM juga dapat diakses oleh seluruh warga madrasah dan masyarakat melalui jaringan website (blog) madrasah. Kinerja madrasah belum dievaluasi secara pereodik dan dalam perumusannya belum melibatkan seluruh warga madrasah. Oleh karena itu, MTs Al Fatah Putri Temboro akan menfasilitasi evaluasi terhadap kinerja madrasah serta melibatkan semua warga madrasah dalam merumuskan RIPM dan RKM.

h. Standar Pembiayaan
         MTs Al Fatah Putri Temboro dalam pengelolaan keuangan merujuk pada ketentuan yang berlaku. Namun pembelanjaan keuangan belum selalu sesuai dengan perencanaan. Disamping itu tidak semua warga madrasah dapat mengakses dengan mudah pengelolaan keuangan madrasah. Oleh karena itu madrasah akan menfasilitasi pengelolaan keuangan yang efisien, transparan dan akuntabel.
i.   Standar Penilaian


              MTs Al Fatah Putri Temboro merencanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik serta menginformasikan kepada peserta didik. MTs Al Fatah Putri Temboro juga melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian, walaupun belum optimal. Namun dalam madrasah belum melibatkan orang tua siswa dalam pencapaian hasil belajar siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar