Kondisi Satuan Pendidikan
Tuntutan perkembangan dan kompetisi
pendidikan berlangsung hampir tiada batas. Madrasah yang tidak mampu bersaing
secara fair dan terbuka akan tumbang terseleksi oleh keadaan. Oleh karena itu
MTs Al Fatah Putri perlu mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus
kurikulumnya dengan memperhatikan sumberdaya yang dimiliki baik sumberdaya
manusia maupun sumberdaya lainnya. Sebagai
data pendukung berikut data jumlah siswa per jenjang kelas di MTs Al Fatah
Putri Temboro dalam 3 tahun terakhir;
No
|
Tahun Ajaran
|
Jumlah Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Kenaikan
|
|
Jumlah
|
%
|
||||
1
|
2013/2014
|
27
|
832
|
||
2
|
2014/2015
|
27
|
925
|
93
|
11,2
|
3
|
2015/2016
|
31
|
1012
|
87
|
9,4
|
Peluang dan Tantangan di Masyarakat dan
Lingkungan Sekitar
MTs Al Fatah Putri berupaya keras mempersiapkan diri secara mantap dengan membuat
Rencana Kerja Madrasah untuk menghadapi masa yang akan datang dan mengembangkan
kurikulum madrasah yang memiliki karakteristik atau penekanan fokus pada upaya
memenuhi kebutuhan peserta didik dan tuntutan masyarakat. Pada tahun 2015
tim pengembangan kurikulum MTs Al Fatah Putri telah menyusun dan mengembangkan
kurikulumnya sendiri dengan mengacu pada;
1.
Permen Diknas No. 81A tahun 2013 tentang
implementasi kurikulum pedoman penyusunan dan pengelolaan kurikulum tingkat
satuan pendidikan dan berpedoman pada panduan Penyusunan Kurikulum Satuan
Pendidikan yang dikeluarkan oleh BSNP serta,
2. Pedoman
Penyusunan dari implementasi KTSP yang dikeluarkan oleh Kanwil Kemenag Jawa
Timur.
Keberhasilan
penyelenggaraan pendidikan di MTs Al Fatah Putri dinyatakan tercapai apabila
kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan
tujuan pendidikan serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan
tes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui
persiapan yang cukup dan terencana dengan baik agar dapat diterima untuk :
1.
Memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan
masyarakat global,
2.
Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi
perkembangan dunia global dan,
3.
Melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi
dan/atau mengembangkan keterampilan untuk hidup mandiri.
Untuk
menjamin keberhasilan implementasi kurikulum madrasah ini dibutuhkan berbagai
persyaratan antara lain :
1.
Dukungan semua pemangku kepentingan
pendidikan,
2.
Sosialisasi, pelatihan, diskusi dan lokakarya RIPM,
3.
Pemenuhan dokumen yang diperlukan untuk
penyusunan RIPM,
4.
Pengembangan sumberdaya manusia secara berkelanjutan,
5.
Koordinasi dan pengelolaan yang profesional,
6.
Perluasan kerjasama yang baik dengan berbagai
pihak, seperti Perguruan Tinggi, LSM, Instansi pemerintah maupun swasta dan
lain-lain,
7.
Semua pihak perlu memahami RIPM, memiliki komitmen untuk berkembang
dan maju secara bersama-sama serta mampu dan mau melaksanakannya dengan baik.
PROFIL MTs AL FATAH PUTRI
PROFIL MTs AL FATAH PUTRI
Yayasan
Pendidikan Al Fatah Temboro Karas Magetan sebagai organisasi masyarakat yang
bergerak di bidang pendidikan, dakwah dan sosial merasa terpanggil dalam ikut
serta menangani masalah pendidikan di Indonesia tercinta ini sebagai sumbangsih
terhadap masyarakat, bangsa dan negara dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan
bangsa seperti termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alenia ke-4. Demikian juga
amanah yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun
2003, tentang Sistim Pendidikan Nasional, Bab II pasal 3 berbunyi: “Pendidikan
Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan berbentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang Demokrasi serta tanggung jawab”.
a. Standar Isi
Sebagai bagian dari MTs Al Fatah, dokumen Kurikulum madrasah kami sudah
disusun dan disahkan sejak tahun 2009. Kurikulum dikembangkan menggunakan
panduan BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Kurikulum
menunjukkan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi
siswa. Kurikulum juga mencakup program kegiatan pengembangan diri, baik melalui
bimbingan konseling maupun ekstrakurikuler.
b. Standar Proses
Para pendidik di madrasah kami telah menyusun perangkat pembelajaran
seperti Prota, Promes, Silabus dan RPP. Demikian pula sebagian pendidik telah
melaksanakan metode pembelajaran yang variatif (PAKEM dan CTL), menggunakan
berbagai sumber dan media pembelajaran, bahkan sebagian besar guru sudah dapat
menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT.
c. Standar Kompetensi Lulusan
Para peserta didik di madrasah kami dapat mencapai target akademis,
baik dari pencapaian KKM setiap pelajaran maupun dari Ujian Nasional. Madrasah
kami juga menawarkan berbagai program pengembangan diri untuk mengembangkan
kepribadian, ketrampilan hidup dan nilai-nilai agama dan budaya peserta didik. Madrasah akan
menfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik dengan menambah
program ekstrakurikuler. Disamping untuk meningkatkan hasil prestasi akademis,
madrasah akan menambah jam pembelajaran di luar jam madrasah.
d. Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
Para pendidik di madrasah kami dari jumlahnya memenuhi standar
nasional, Demikian juga Tenaga kependidikan jumlahnya sesuai standar pelayanan
minimal,
e. Standar Sarana dan Prasarana
Kondisi madrasah
saat ini sarana prasarana pembelajaran cukup memadai dengan ruang belajar yang
kondusif serta nyaman, walaupun belum mencapai standar nasional, khususnya
ruang kelas, ruang guru, ruang laboratorium dan ruang perpustakaan yang masih
perlu penambahan dan/atau perluasan.
f. Standar Pengelolaan
Madrasah kami memiliki visi,
misi dan tujuan yang jelas, yang telah diimplementasikan dalam Dokumen
Kurikulum. Semua dokumen dapat diakses oleh seluruh warga madrasah dan
masyarakat.
g. Standar Pembiayaan
Madrasah kami dalam
pengelolaan keuangan merujuk pada ketentuan yang berlaku, mulai dari
perencanaan (RAPBM), pembukuan dan pelaporan.
h. Standar Penilaian
Madrasah kami merencanakan
penilaian proses dan hasil belajar peserta didik serta menginformasikan kepada
pesertadidik. Madrasah kami juga melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik,
bentuk dan jenis penilaian, walaupun belum optimal.
D. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Pendidikan adalah hajat bersama sekaligus
tanggung jawab yang besar bagi semua pihak. Maka mengupayakan wujudnya lembaga
pendidikan yang mampu menjadi sarana tarbiyah bagi generasi muda, sehingga
mampu membekalinya dengan keimanan yang kukuh, penguasaan ilmu dan pengetahuan
yang bermanfaat bagi kehidupan serta berakhlak yang mulia, adalah tanggung
jawab kita bersama.
Untuk itu satuan pendidikan Madrasah
Tsanawiyah Al-Fatah Temboro merasa turut bertanggung jawab berperan dalam
rangka megupayakan lembaga pendidikan dasar yang tidak hanya mengedepankan
aspek kognitif semata, tapi juga pembinaaan kecakapan hidup dan akhlak yang
mulia sesuai dengan perintah Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW.
Mengacu
kepada PP no. 19 tahun 2005 tentang Standart nasional Pendidikan pada Bab V,
maka Secara umum tujuan pendidikan dasar yang diselenggarkan oleh MTs Al-Fatah
Temboro adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak
mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih
lanjut.
VISI DAN MISI MTS AL FATAH
TEMBORO
1.
Visi
Untuk mewujudkan suatu tujuan tentu
ada suatu sudut pandang atau visi agar tujuan tersebut dapat menemui sasaran. Visi MTs Al Fatah
Putri adalah :
”Menuju Generasi Islam yang ’Alim, Berjiwa Da’i, Berakhlak Mulia dan Taqwa”
Indikator
1.
Unggul dalam pembinaan keagamaan Islam
2.
Unggul dalam peningkatan prestasi akademik
3.
Unggul dalam peningkatan prestasi UN
4.
Unggul dalam peningkatan prestasi nonakademik
5.
Unggul dalam proses pembelajaran
6.
Unggul dalam pembentukan sifat ahli dakwah
7.
Unggul dalam pembinaaan ahli ilmu
8.
Unggul dalam pembentukan ahli dzikir
9.
Unggul dalam pembinaan ahli ibadah
10.
Unggul dalam pembentukan akhlakul
karimah
3. Misi
Misi MTs Al Fatah Putri adalah sebagai
berikut :
1. Mendidik
siswa yang bertaqwa berlandaskan tauhid
dengan ilmu amaliyah serta amal ilmiah.
2. Menyelenggarakan
pembelajaran setiap mapel dengan efektif dan efisien.
3. Menyelenggarakan
pembelajaran MIPA dan bahasa yang efektif dan efisien.
4. Meningkatkan
lingkungan madrasah yang sehat, aman dan kondusif untuk berprestasi belajar.
5. Melaksanakan
pembelajaran efektif untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa yang
berbasis karakter dan IT.
6. Menyelenggarakan pembelajaran
serta pembiasaan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa
Indonesia yang efektif dan menyenangkan yang berorientasi pada terbentuknya peserta didik yang berjiwa da’i.
7. Mendidik
peserta didik menjadi ahli ilmu dan mampu mengamalkan ilmunya.
8. Mendorong
peserta didik memiliki sifat memuliakan dan mengagungkan perintah Alloh dan
Sunnah Rasulullah.
9. Membina
peserta didik untuk memiliki akhlak yang mulia , berperilaku jujur, cakap, cerdas dan ikhlas dalam
setiap amal.
4. TUJUAN MTs AL FATAH PUTRI
1. Membangun
wujudnya Madrasah Efektif, yang mampu melahirkan lulusan yang memiliki Input,
Output , outcome maupun Benefit yang
unggul.
2. Membekali
semua peserta didik ilmu-ilmu dalam bidang keagamaan yang mampu dijadikan
dasar-dasar beramal dalam kehidupan.
3. Semua
peserta didik mampu menguasai dan menggunakan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam upaya meningkatkan keimanan dan amal shaleh.
4. Menyelenggarakan
proses belajar mengajar bernuansa sunnah, guna menumbuhkan jiwa da’i dan rasa
tanggung jawab agama pada semua peserta didik.
5. Mampu
melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan
prestasi pembelajaran siswa yang berbasis karakter dan IT
6. Membekali
semua peserta didik kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab dan bahasa
Inggris
dengan baik dan benar.
7. Membiasakan
semua peserta didik sholat berjamaah dengan khusuk, tertib, dan belajar menghidupkan sunnah Rasulullah
8. Menciptakan
suasana belajar yang mendorong peserta didik memiliki sifat tawadu’, istiqomah,
sabar dan ikhlas.
9. mewujudkan
peserta didik yang memiliki sifat memuliakan dan mengagungkan
perintah Allah dan Sunnah Rasulullah.
10.
Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang
mampu menghasilkan lulusan yang berprestasi secara akademik maupun dalam
perilaku dan akhlak yang mulia.
EVALUASI DAN PENETAPAN SASARAN KEGIATAN
STRATEGIS
b. Standar Isi
Sebagai bagian dari MTs Al Fatah, dokumen Kurikulum sudah disusun dan
disahkan sejak tahun 2009. Kurikulum dikembangkan menggunakan panduan
BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah,
kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan
pembelajaran.
Kurikulum menunjukkan adanya alokasi
waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. Kurikulum juga
mencakup program kegiatan pengembangan diri, baik melalui bimbingan konseling
maupun ekstra kurikuler. Namun di MTs Al Fatah Putri Temboro kurikulum masih perlu dikembangkan. Oleh karena itu, di tahun
mendatang madrasah akan menfasilitasi pembentukan Tim Pengembang Kurikulum
serta mereviu Kurikulum setiap satu tahun sekali.
c. Standar Proses
Para pendidik di MTs Al Fatah Putri Temboro telah menyusun perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, Silabus dan
RPP. Demikian pula sebagian pendidik telah
melaksanakan metode pembelajaran yang variatif (PAKEM dan CTL), menggunakan berbagai sumber dan media pembelajaran, bahkan sebagian besar guru sudah dapat menggunakan media
pembelajaran yang berbasis IT. Namun demikian tidak semua
guru dalam penyusunan RPP mempertimbangkan kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.
Dalam proses pembelajaran metode ceramah masih mendominasi. Demikian ini
disamping karena kualitas SDM pendidik yang masih perlu ditingkatkan juga
keterbatasan sarana pembelajaran MTs Al Fatah Temboro. Oleh kaena itu madrasah
akan menfasilitasi peningkatan kualitas SDM para pendidik melalui diklat,
workshop dan lain-lain.
d. Standar Kompetensi Lulusan
Para peserta didik di MTs Al Fatah Putri Temboro dapat mencapai
target akademis, baik dari pencapaian KKM setiap pelajaran maupun dari Ujian
Nasional. Namun kemajuan/ peningkatan prestasi belajar peserta didik MTs Al
Fatah Putri Temboro belum secara konsisten. MTs Al Fatah Putri Temboro juga
menawarkan berbagai program pengembangan diri untuk mengembangkan kepribadian,
ketrampilan hidup dan nilai-nilai agama dan budaya peserta didik. Namun belum
seluruh bakat dan minat peserta didik dapat tertampung, karena keterbatasan
program ekstra kurikuler.
Oleh karena itu, MTs Al Fatah
Putri Temboro akan menfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik
dengan menambah program ekstra kurikuler. Disamping itu untuk meningkatkan
hasil prestasi akademis, madrasah akan menambah jam pembelajaran di luar jam
madrasah.
e. Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
Para pendidik di MTs Al Fatah Putri
Temboro dari jumlahnya memenuhi standar nasional, namun dari segi kualifikasi
dan kompetensinya masih pada level standar pelayanan minimal. Adapun Tenaga
kependidikan jumlahnya sesuai standar pelayanan minimal, namun kualifikasi dan
kompetensinya masih belum memenuhi SPM. Oleh karena itu perlu penambahan tenaga
kependidikan disamping juga perlu peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik.
f. Standar Sarana dan Prasarana
Kondisi madrasah saat
ini sarana prasarana pembelajaran cukup memadai dengan ruang belajar yang
kondusif serta nyaman, walaupun belum mencapai standar nasional, khususnya
ruang kelas, ruang guru, ruang laboratorium dan ruang perpustakaan yang masih perlu penambahan dan/atau perluasan.
Alat dan sumber belajar MTs Al Fatah
Putri Temboro juga belum memenuhi standar nasional, khususnya buku pengayaan
dan sumber lain. Oleh karena itu madrasah akan menfasilitasi penambahan sarana
prasarana secara bertahap.
g. Standar Pengelolaan
MTs Al Fatah Putri Temboro memiliki
visi, misi dan tujuan yang jelas, yang telah diimplementasikan baik dalam RKM maupun RKAM. RKM dan RKAM juga dapat
diakses oleh seluruh warga madrasah dan masyarakat melalui jaringan website (blog) madrasah.
Kinerja madrasah belum dievaluasi secara pereodik dan dalam perumusannya belum
melibatkan seluruh warga madrasah. Oleh karena itu, MTs Al Fatah Putri
Temboro akan
menfasilitasi evaluasi terhadap kinerja madrasah serta melibatkan semua warga
madrasah dalam merumuskan RIPM dan RKM.
h. Standar Pembiayaan
MTs Al Fatah Putri Temboro dalam
pengelolaan keuangan merujuk pada ketentuan yang berlaku. Namun pembelanjaan
keuangan belum selalu sesuai dengan perencanaan. Disamping itu tidak semua warga
madrasah dapat mengakses dengan mudah pengelolaan keuangan madrasah. Oleh
karena itu madrasah akan menfasilitasi pengelolaan keuangan yang efisien,
transparan dan akuntabel.
i. Standar Penilaian
MTs Al Fatah
Putri Temboro merencanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik
serta menginformasikan kepada peserta didik. MTs Al Fatah Putri Temboro juga
melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian,
walaupun belum optimal. Namun dalam madrasah belum melibatkan orang tua siswa
dalam pencapaian hasil belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar